Masyarakat informasi

Masyarakat Informasi




Masyarakat Agraris

Budaya masyrakat agraris adalah kebiasaan sekelompok individu yang menetap disuatu daerah dan menggantungkan kehidupannya pada bercocok tanam atau bertani baik di sawah atau di kebun. Kehidupan masyarakat ini masih jauh dari moderenisasi dengan kata lain mereka hidup sederhana secara tradisional.

Adapun ciri-ciri masyarakat agraris antara lain:

  1. Memiiki jiwa semangat gotong royong.
  2. Setiap warganya mempunyai hubungan yang lebih mendalam dan erat bila dibandingkan dengan warga masyarakat di luar batas-batas wilayahnya.
  3. Sistem kehidupan pada umumnya berkelompok dengan dasar kekeluargaan.
  4. Sebagian besar warga masyarakat pedesaan hidup dari pertanian
  5. Masyarakatnya homogen, seperti dalam hal mata pencaharian, agama, adatistiadat dan sebagainya.
  6. Masyarakat itu sering disangkut pautkan dengan petani biasanya mereka menggunakan alat-alat manual misalnya, menggunakan tenaga hewan untuk membajak sawah, cangkul, sabit dan sebagainya.
  7. Adapun mode produksi dalam bidang ekonomi biasanya berupa  Pertanian, pertambangan, perikanan, peternakan dengan cara tradisional.
  8. Sumber daya alamnya berupa angin, air, tanah, manusia yang pada akhirnya mereka membutuhkan bahan mentah  atau alam sebagai penunjang kehidupan.


Masyarakat Industri

Masyarakat Industri mengacu pada terjadinya Revolusi Industri, yang umumnya dikaitkan dengan penemuan mesin uap. Namun sesungguhnya, pemicu penting menuju era industri tersebut dimulai dengan penemuan dibidang komunikasi, yakni publikasi Bible yang diproduksi dengan mesin cetak pengembangan dari Johannes Guttenberg (1455).
Masyarakat Industri adalah masyarakat yang menjalankan aktivitas dan memenuhi kebutuhan hidupnya dari hasil teknologi modern. Biasanya masyarakat industry ini ada pada negara yang sudah maju

Ciri-ciri Masyarakat Industri

  1. Meluasnya produksi massa barang-barang industri dengan menggunakan mesin, yang terpusat di kota-kota besar
  2. Migrasi massal dari pedesaan ke kota-kota (urbanisasi)
  3. Peralihan dari pekerjaan sektor pertanian kepada pekerjaan di sektor pabrik.
  4. Jumlah penduduk kota yang melek huruf seiring kebutuhan bidang pekerjaan yang lebih kompleks.


Masyarakat Informasi

Masyarakat Informasi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah masyarakat dan sebuah ekonomi yang dapat membuat kemungkinan terbaik dalam menggunakan informasi dan teknologi komunikasi baru (new information and communication technologies(ICT’s)).

Adapun ciri-ciri dari masyarakat informasi :

  1. Mengolah sumber daya yang berupa informasi
  2. Membutuhkan sumber daya berupa pengetahuan
  3. Mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai pekerja professional dengan keahlian
  4. Berteknologi tinggi
  5. Berprinsip perkembangan penerapan pengetahuan dalam teknologi.


Perbedaan dari 3 tahapan masyarakat tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Untuk Sumber daya yang diolah masyarakat agraris masih mengolah sumberdaya alam saja, sedangkan pada masyarakat industri sudah berorientasi membuat tenaga. Dan pada masyarakat informasi sudah mengoptimalkan sitem informasinya.
  2. Untuk Sumber daya yang dibutuhkan masyarakat agraris masih seputar bahan mentah, sedangkan pada masyarakat indutri mengolah modal. Dan pada masyarakat informasi pengetahuan lah yang terpenting.
  3. Untuk teknologi alat-alat yang dipakai masyarakat agraris masih berupa alat-alat manual, sedangkan pada masyarakat indutri sudah memakai teknologi mesin. Dan pada masyarakat informasi sudah memakai teknologi cerdas.



Share on Google Plus

About frman

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar