JENIS-JENIS APLIKASI DAN KENDALA PENERAPANNYA


Teknologi sekarang ini sudah menjadi sesuatu yang bisa dibilang sangat dibutuhkan untuk membantu kita di dalam mempermudah segala urusan kita. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya teknologi yang semakin berkembang dan tentunya semakin mempermudah kita di segala bidang urusan kita.

Di dalam penggunaannya, komputer dan juga smartphone memiliki sebuah layanan “aplikasi” yang mana merupakan bagian program yang kita gunakan pada komputer maupun smartphone kita. Aplikasi ini memberikan kita banyak sekali keuntungan di dalam penggunaannya. Dan tentunya juga tanpa adanya aplikasi, penggunaan kedua teknologi yang disebutkan tadi pastinya memiliki kekurangan.

Apa itu aplikasi 
Aplikasi merupakan sesuatu yang terbilang penting di dalam sebuah komponen baik komputer maupun smartphone. Aplikasi bisa dikatakan juga sebagai software yang mana merupakan bagian dari sistem komputer yang tentunya mempengaruhi kinerja dari komputer maupun smartphone yang kita gunakan.

Di era modern ini, aplikasi menjadi komponen terpenting di dalam perangkat tersebut. Peranan aplikasi yang sering dijumpai di berbagai bidang kehidupan, seperti pendidikan, hiburan, bisnis dan lainnya. Apalagi cara yang digunakan untuk memperoleh aplikasi sangat mudah, membutuhkan biaya yang kecil bahkan ada yang gratis.

Suatu aplikasi dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman, seperti C, C++, Java, PHP, Python dan masih banyak lagi. Pada dasarnya, aplikasi dibangun untuk mengolah instruksi dari pengguna sebagai input dan mengeluarkan hasil yang diinginkan sebagai output.

Sebagai contoh, pada aplikasi web browser kita mengetikkan “Buku Digital” sebagai inputnya dan butuh beberapa detik saja informasi mengenai buku digital telah dihasilkan. Dari contoh tersebut sudah dapat dibuktikan bahwa aplikasi memberikan kemudahan bagi banyak orang. Saat ini, banyak para pemrogram yang memamerkan aplikasi buatannya kepada publik.

Aplikasi adalah program siap pakai yang dapat digunakan untuk menjalankan perintah-perintah dari pengguna aplikasi tersebut dengan tujuan mendapatkan hasil yang lebih akurat sesuai dengan tujuan pembuatan aplikasi tersebut, aplikasi mempunyai arti yaitu pemecahan masalah yang menggunakan salah satu tehnik pemrosesan data aplikasi yang biasanya berpacu pada sebuah komputansi yang diinginkan atau diharapkan maupun pemrosesan data yang diharapkan.

JENIS JENIS APLIKASI
Sesuai dengan penjelasan mengenai perkembangan aplikasi di atas, tentunya kita dapat menyimpulkan bahwasannya sudah banyak perkembangan yang terjadi pada aplikasi. Dan tentunya juga akan ada banyak jenis aplikasi yang tercipta dari perkembangannya. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis aplikasi yang ada, antara lain :

Aplikasi Desktop
Sangat banyak tersedia aplikasi desktop saat ini dan dapat dikategorikan ke dalam beberapa kategori. Beberapa aplikasi desktop mempunyai banyak fitur (seperti Microsoft Word), sedangkan aplikasi dekstop lainnya hanya memiliki satu atau dua fitur (seperti aplikasi jam atau kalender).

Aplikasi Grafis
Aplikasi grafis merupakan suatu program untuk mengolah data yang berformat gambar baik dengan membuat gambar baru maupun mengubah gambar yang sudah dibuat sebelumnya. Software aplikasi Grafis dibagi menjadi tiga (3) bagian yaitu :

  1. Aplikasi grafis berbasis vector
  2. Aplikasi grafis berbasis pixel/BITMAP
  3. Aplikasi grafis berbasis tata letak

Aplikasi Web Browser
Merupakan bagian dari internet sebagai komunitas jaringan komputer yang memberikan pelayanan http (world wide web). Dengan demikian, definisi teknis dari world wide web adalah semua sumber daya dan semua pengguna di intenet yang menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol). WWW adalah aplikasi yang paling menarik di Internet dan seperti email, aplikasi ini sangat penting dan banyak digunakan. Aplikasi web browser yang sering digunakan antara lain, Opera, Internet Explorer, Safari, Firefox dan Chrome.

Animasi
Merupakan bentuk seni yang tampak secara spontan menimbulkan gerakan kehidupan pada suatu obyek. Sebenarnya terdapat beberapa fungsi yang berbeda untuk menghasilkan animasi berbasis komputer dan satu daripadanya ialah animasi tiga dimensi (3D). Fungsi lain untuk mencipta animasi komputer ialah dengan menggunakan alat pengecatan komputer yang standar untuk mengecat frame-frame tunggal sebelum dilakukan proses penggabungan. Ini kemudian disimpan sebagai sebuah file gambar (movie).

Aplikasi Multimedia
Kita semua tentunya pernah merasakan jenuh pada suatu pekerjaan. Aplikasi multimedia merupakan salah satu media hiburan yang bisa kita gunakan. Jika kita ingin mendengarkan musik MP3 atau menonton film yang telah kita unduh, maka kita dapat menggunakan aplikasi ini untuk menikmatinya. Windows Media Player dan iTunes merupakan aplikasi pemutar media yang populer.

Aplikasi Communication
Aplikasi yang satu ini merupakan yang saat ini paling banyak digunakan dan merupakan yang paling populer. Aplikasi ini digunakan agar manusia bisa berkomunikasi dengan pengguna komputer, smartphone atau gadget lain. Contoh aplikasi communication antara lain DataFax, Carbon Copy, CrossTalk, Line, BBM, Whatsapp, dan lain-lain.

Aplikasi DBSM
Aplikasi DBMS (Database Management System) digunakan untuk menyimpan data, mengolah data, serta menghasilkan output berupa informasi. Aplikasi seperti ini ada yang tersedia secara gratis, namun ada juga yang berbayar. Contohnya yaitu MySQL, Microsoft Access, Oracle, Foxpro, dan lain-lain.

Fungsi Aplikasi
Seperti yang kita tahu, dengan adanya aplikasi tentunya akan sangat membantu kita dalam mengolah sebuah perangkat komputer maupun smartphone yang kita gunakan. Tentunya kita semua bisa membayangkan bagaimana fungsi dari aplikasi yang ada sehingga bisa bermanfaat untuk kita. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh dari fungsi aplikasi, antara lain :

Untuk Pendidikan
Untuk fungsi yang pertama yaitu menambah wawasan pengetahuan dengan aplikasi untuk mempermudah proses pendidikan. Tidak dapat dipungkiri, sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi yang dikembangkan untuk proses belajar mengajar sehingga bisa menunjang kualitas pendidikan yang ada.

Kita dapat menggunakan aplikasi ini sebagai bahan untuk pembelajaran. Misalnya saja mencari bahan untuk belajar, data nilai siswa, jadwal pembelajaran, beasiswa dan masih banyak lainnya. Dengan menggunakan aplikasi ini tentu saja seluruh kegiatan yang dilakukan akan menjadi lebih maksimal untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Kita tentu tahu bahwa pendidikan yang dilakukan dengan menggunakan komputer tentu saja akan memudahkan dalam mendapatkan kenyamanan yang dihasilkan.

Industri Dan Manufaktur
Penggunaan aplikasi pada komputer ini tentu saja dapat digunakan untuk mengkoordinasi mengenai penggunaan mesin dan mengontrolnya. Hal ini dilakukan agar hasil yang diberikan memiliki kualitas dan kuantitas yang lebih banyak. Dengan demikian akan mendapatkan kenyamanan yang diberikan. Untuk mendapatkan mengenai proses yang demikian tentu saja akan meningkatkan keuntungan yang diberikan. Sehingga akan meningkatkan hasil yang diinginkan dengan memberikan format khusus tanpa mengeluarkan banyak biaya yang besar.

Bisnis Dan Perbankan
Didalam suatu bisnis, perlu menghitung besarnya keuntungan yang diperoleh. Jika keuntungan dihitung secara manual maka akan membutuhkan waktu yang lama. oleh karena itu diperlukannya aplikasi untuk menghitung besar keuntungan tersebut. Dalam menjalani bisnis tentu saja aplikasi komputer sangat digunakan untuk menghitung keuntungan, proses produksi dan masih banyak lainnya.

Bahkan apabila dalam bidang bisnis tentu saja aplikasi ini akan memberikan lapangan pekerjaan baru yang menghasilkan pundi-pundi keuntungan. Sedangkan untuk perbankan tentu saja akan membantu dalam memudahkan perhitungkan prosentase bunga, layanan keuangan dan masih banyak lainnya. Dengan demikian hasilnya menjadi semakin maksimal dirasakan untuk mendapatkan kenyamanan dalam mengatur segala kepentingan yang dimiliki.

Militer
Aplikasi juga membantu dalam kemampuan untuk mempertahankan negara dengan digunakannya untuk keperluan militer. Tentu saja akan memudahkan dalam mengembangkan dalam mengontrol pesawat, perhitungan ketinggian, mengontrol navigasi, peluru selam dan masih banyak lainnya. Dengan keamanan dan kecanggihan militer yang demikian.

Tentu saja hasilnya yang didapatkan menjadi semakin optimal sesuai dengan keinginan kita. Usahakan dalam menggunakan dalam militer pastikan penggunaannya secara bijaksana. Tujuannya tentu saja agar hasilnya menjadi semakin bermanfaat untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan sasaran dan keinginan.

Kedokteran
Siapa sangka adanya aplikasi yang dikembangkan khusus untuk bidang kedokteran. Misalnya saja, adanya aplikasi untuk mendiagnosa penyakit, menawarkan perawatan rutin, bahkan sampai meracik obat. Dengan demikian, kita dapat mengecek diri sendiri melalui aplikasi tersebut.

Hal ini karena dalam bidang kedokteran aplikasi ini akan digunakan dalam mendiagnosa sebuah penyakit, memilih obat yang dapat menyembuhkan dan meracik obat tersebut. Tentu saja dengan adanya bantuan yang demikian hasilnya menjadi semakin maksimal sesuai dengan keinginan kita. Mulailah menggunakan aplikasi komputer yang dimiliki tersebut sesuai dengan keinginan yang diinginkan.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai aplikasi, yang mana dengan adanya aplikasi maka akan menunjang kinerja teknologi yang berkembang sekarang ini. Contohnya adalah teknologi yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu komputer dan juga smartphone. Kedua teknologi tersebut merupakan teknologi yang paling sering kita gunakan dan kita manfaatkan untuk membantu urusan yang kita lakukan sehari-hari.
Share on Google Plus

About frman

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar